Selasa, 15 Januari 2013


Melodi cinta ketua kelas
Pagi ini aku harus bergegas pergi ke sekolah ,karena jarum jam telah menunjukkakn keterlambatanku ,hal ini sering terjadi karena aku selalu malas untuk bersekolah . Aku adalah seorang murid di SMA 2 HARAPAN BANGSA dan aku merupakan seorang ketua kelas yang boleh di katakan tidak patut di contoh bagi teman-teman sekelasku, itu semua dikarenakan oleh tingkah burukku sebagai pemimpin yang acap kali terlambat dan bertingkah nakal. Setiba di sekolah aku langsung disambut oleh guru yang aku yakini akan memberi hukuman atas keterlambatan ku ,kejadian ini tidak hanya terjadi pada pagi ini saja tapi ini merupakan rutinitas pagi ku setiap paginya, sampai- sampai wajah ku telah di kenal oleh guru-guru sebagai ketua yang selalu terlambat, tapi aku hanya bisa menghelakan nafas ku dengan semua yang telah terjadi . Kesialan pagi ku tak berhenti disitu saja,  ketika masuk ke kelas jantungku mulai berdetak kencang , itu karena aku tahu aku akan dimarahi oleh guru yang berada di kelas ku .  Benar saja ,saat ku membuka pintu kelas , guruku sudah menungguku dengan wajah sinisnya.
" Waw ini dia ketua kelas kebanggaan yang telah tunggu dari tadi " kata guruku dengan nada sindiran.
Aku hanya bisa tertunduk diam dan tidak menghiraukan perkataan guruku dan perkataannya ku anggap sebagai pujian 'pedas' penambah kesialan ku, kemudian setelah puas dimarahi oleh guru aku pun duduk dan mulai belajar.
Jam pun terasa cepat berlalu , kemudian terdengarlah suara bel yang indah menandakan waktu untuk istirahat.Bagiku waktu istirahat adalah waktu untuk ku beraksi untuk menjahili teman-temanku, aku tidak tahu kenapa , dengan menjahili teman-temanku aku dapat menghilangkan kebosananku dan teman-temanku hanya bisa berteriak kesal karena sudah aku jahili . Terkadang aku berfikir mengapa mereka menginginkan aku sebagai pemimpin mereka? , yang jelas-jelas aku bukan  sosok seorang pemimpin yang baik , atau mungkinkah mereka tidak mau menerima tanggung jawab menjadi pemimpin yang kemudian tanggu jawab itu di berikan kepadaku ? , hanya mereka yang tau alasannya .Aku sabagai pemimpin mereka tentu senang bisa menikmati kekuasaanku sebagai pemimpin mereka yang bisa berkuasa menjadi seorang alfa besar yang tentu nya bisa sewenang-wenang.
Akhirnya waktu istirahat pun selesai , aku pun mulai belajar kembali. dalam belajar aku termasuk murid yang lumayan cerdas . Waktu demi waktu pun berlalu dan bel sekolah pun mulai di dendangkan , mendengar suara bel yang indah aku merasakan kebebasan.Aku pun berkemas untuk pulang . Di perjalanan pulangku,  aku melihat seorang bidadari yang anggun nan rupawan menunggangi kuda besinya. Berjuta pertanyaan muncul dalam benakku dan aku ingin tahu nama dan siapakah sebenarnya dirinya? . Selama dalam perjalanan pulang, pikiran ku hanya tertuju kepada wajah cantiknya dan sesampai di rumah , aku pun mulai mengambil semua peralatan lukisku dan aku mulai  menyapukan kuasku di atas kanvas dan mulai melukiskan wajah cantik gadis itu walau pun dengan perut yang lapar.
Keesokan harinya , aku berangkat lebih awal  ke sekolah untuk mencari gadis yang telah membuatku penasaran. Setiba di sekolah, aku disambut oleh wajah heran guru yang sering memberi hukuman karena keterlambatan ku setiap paginya.
“eh , kok cepat sekali datangnya" ? guru itu bertanya dengan rasa heran
Aku hanya bisa memberi senyuman kepadanya dan keheranan tersebut berlanjut di alami oleh teman teman-teman sekelasku , mereka pun bertanya-tanya kenapa aku bisa datang lebih awal . Aku hanya bisa tersenyum kepada mereka. Setelah meletakkan tasku , aku mulai berjalan-jalan mengitari sekolah dan mencoba mencari gadis itu. Selama 2 minggu aku  selalu berjalan-jalan berkeliling  sekolah untuk mencari gadis itu , itu semua ku lakukan pada saat waktu senggang ku di sekolah  . selama 2 minggu aku datang lebih cepat dan selama jam istirahat aku tak pernah berada di kelas , itu semua karena aku ingin mencari gadis itu di sekolah.
Saat waktu istirahat ,ketika aku berjalan-jalan mencari gadis itu , aku bertemu dengan nurul dan arif .
"hey tumben kamu tidak membuat kerusuhan di kelas ?". kata Arif menyindir
"iya benar dan aku lihat kamu sekarang jarang di kelas di setiap pagi nya dan di waktu istirahat ? ". tanya  Nurul  dengan rasa ingin tahu.
"aku ingin mencari hidup ku " jawabku tenang.
Arif dan Nurul heran mendengar jawabanku. Tiba-tiba aku melihat seorang laki-laki berlari dan memanggil seorang gadis.
"Mel..mel..mel.." laki-laki itu memanggil gadis itu dengan suara lantang.
Kemudian laki-laki itu menghampiri  gadis tersebut , kemudian aku melihat gadis yang di hampiri laki-laki itu. Aku melihat gadis itu dengan seksama . Beruntung nya aku , ternyata gadis itu adalah gadis yang kucari selama 2 minggu ini . Tiba-tiba bel  berbunyi menunjukkan waktu istirahat telah habis, kemudian kami mulai bergegas masuk kelas.
Saat belajar aku terfikir gadis cantik itu . Hanya 1 satu pertanyaan di dalam hati ku yaitu SIAPAKAH NAMANYA?. kemudian aku berfikir tentang kejadian tadi . Laki-laki tadi memanggil nama gadis itu dengan nama MEL. Kemudian aku menamai gadis tersebut dengan nama Melodi walaupun aku tidak tahu nama yang sebenar nya . Alasanku menamainya dengan nama melodi itu kerena dia telah menjadi melodi-melodi penyemangat hidup , karena saat pertama kali melihat nya aku sudah jatuh cinta kepadanya , dan aku pun merasa ada perubahan positif yang terjadi padaku semenjak melihatnya , karena semenjak itu aku tidak pernah terlambat dan bertingkah nakal lagi.
Waktu istirahat aku pergi ke kantin sekolah untuk makan karena aku lupa untuk sarapan tadi pagi karena ingin datang lebih awal ke sekolah  . Saat di kantin, aku melihat melihat Arif sedang duduk di dekat gadis yang kunamai MELODI tersebut dan arif sedang mengobrol dengannya. Sambil menghabiskan makananku , aku duduk sambil memperhatikan mereka . Kemudian arif selesai makan dan kembali ke kelas. Aku pun ikut kembali ke kelas. Saat di kelas aku mendekati arif  dan mulai bertanya kepadanya.
"Rif, siapakah gadis yang bersamamu di kantin sekolah tadi ?" ku bertanya dengan semangat.
"Namanya Melani , ada apa ?" arif penasaran .
"Melani? . Dia kelas berapa rif ? “.
"iya . Dia kelas 2 ips 1 ".
"Berarti dia adik kelas kita?".
"Iya. Kamu suka dengan dia ?" arif bertanya dengan nada menggoda.
"Eh kamu kok tau Rif ? iya,semenjak pertama kali melihatnya aku udah kagum dengan kecantikannya , dan dia seperti  anak yang cerdas dengan kacamata nya ".
"Dia memang cerdas , tapi sayang dia sudah ada punya pacar ."
"Siapa pacar nya? ". aku bertanya dengan rasa penasaran
"Nama nya Andre " jawab arif.
"Andre ketua kelas yang pintar dan menjadi kebangggan guru-guru di SMA ini kan ? " tanyaku.
"Iya.benar , Melani itu paling suka dengan orang yang hebat dan cerdas ! " tegas arif.
Tiba-tiba bel pun berbunyi, aku pun kembali ketempat dudukku.
Keesokan harinya saat aku di kantin , aku melihat 'MELODI' sedang duduk sendiri , aku pun menghampirinya .
"Hay. Melani" sambil memberikan senyuman hangat kepadanya.
"Hay. kamu siapa ya ?"tanya Melani pada ku .
"Aku Bagus ,ketua kelas nya Arif "jawabku tegas.
"Oh,ini kak Bagus yang sering di ceritakan oleh kak Arif ".
"Memangnya kak Arif  cerita apa dengan Melani ? " aku bertanya dengan rasa ingin tahu .
"Kak Arif cerita kalau dia mempunyai seorang ketua kelas yang aneh , dia bilang ketua kelasnya sering terlambat dan berbuat kerusuhan di kelas pada jam istirahat." jawab Melani
Bagus sangat marah kepada arif , karena arif mengatakan hal yang buruk tentang bagus kepada melani, gadis yang disukai bagus selama 2 minggu ini dan Bagus tidak terima dengan perkataan yang dikatakan arif kepada melani
Kemudian bagus pergi kekelas
"Oh gitu ya. Eh kakak ke kelas dulu ya " aku berkata sambil myembunyikan rasa kemarahan ku kepada Arif.
Ku berjalan dengan rasa marahku kepada Arif .Setiba di kelas, aku langsung menarik Arif ke belakang kelas dan meninju mukanya dan perkelahian pun tak terelakkan .
"Kenapa kamu bilang sama Melani kalau aku adalah ketua kelas yang aneh dan pembuat keonaran? " tanyaku ku dengan rasa marah sambil memegang baju nya .
"Memang benarkan ? apakah kamu pernah berbuat baik dengan kami ? apakah kamu pernah menjadi pemimpin yang baik bagi kami ? kamu berbeda jauh dengan ketua kelas yang lain, kamu aneh , kamu ketua kelas gila , kamu bajingan bagus !!!" Arif berteriak keras.
Mendengar perkataan arif kemarahanku semakin memuncak dan kemudian perkelahian yang hebat terus berlanjut ,
 Lalu tiba-tiba Bu Yustri datang dan beliau  kemudian menghentikan perkelahian kami. Bu yustri kemudian menyuruh kami untuk ke ruang kesiswaan
Saat di ruang kesiswaan aku dan arif tetap berkelahi namun hanya perkelahian mulut saja
“ Liat saja pembalasanku” bentak ku dengan keras kepada arif.
“ Apa mau kamu bagus? Dasar ketua kelas aneh dan gila “ Arif mengejek bagus.
“ Arif , Bagus, cukuuuuup ! ibu tidak mau melihat kalian bertengkar lagi ! “ bentak Bu Yustri
Tiba-tiba handphone Arif berbunyi !!
“ iya hallo Mel, ada apa ?” Arif bernada kasar.
“ Maafkan melani bang ! soalnya melani mengatakan semua yang abang Arif katakan tentang bang Bagus , sehingga bang Arif dan bang Bagus berkelahi. Ini semua salah melani .” melani berbicara sambil menitikkan air mata.
“Sudah lah ,  semua sudah terjadi !. “ Arif berkata dengan nada keras , kemudian ia mematikan  handphone nya .
“Hey banci , Tolong dong lembut sedikit sama perempuan , ini bukan salah melani , tapi semua sumber masalah ini datang dari kau “  Bagus membentak arif.
“Sudahhhhh!!, cukupppp!!!” kata Bu Yustri
“ Tapi bu , Bagus yang mulai duluan , coba ibu fikir bagaimana rasanya jika mendapatkan ketua kelas yang jahil dan sok berkuasa seperti dia , kalau sama melani aja dia bisa lembut dan perhatian seperti tadi , tapi jika dengan kami , dia memperlakukan kami seperti hewan hina yang  bisa ia dipermainkan seenaknya” Arif mengutarakan isi hatinya.
“ benarkah itu Bagus ? “ tanya Bu Yustri
“ Dia bohong Bu “ sanggahku
“ Ibu sudah mendengar  laporan dari guru-guru kalau kamu sering membuat keonaran dan suka menjahili teman kamu ! kamu di keluarkan dari SMA ini .” Bu Yustri berkata dengan tegas.
“ tapi bu ??” Bagus mencari alasan
“ tidak ada tapi-tapian “ bentak bu Yustri
“ Iya bu , maaf kan bagus bu , bagus janji akan berubah bu ! tapi mohon jangan keluarkan bagus bu. “ Bagus berlutut sambil menangis di hadapan Bu Yustri.
Melihat bagus yang sungguh-sungguh menyesali perbuatannya Bu Yustri pun tidak jadi mengeluarkan bagus dari sekolah.
“ Baiklah bagus ibu tidak jadi mengeluarkan kamu sebagai gantinya kamu harus meminta maaf kepada teman-teman yang sudah kamu jahili , kata Bu Yustri sambil mengelus kepala Bagus
“Namun pertanyaan ibu , apakah teman-teman kamu mau memaafkan, jika tidak maka hukuman itu akan tetap ibu berikan kepada mu , jika teman mu mau memaafkan mu maka kamu bebas dari hukuman“ kata bu Yustri.
 “ Ayo kita kekelas mu “ ajak bu Yustri
“ Iya  Bu “ jawabku sambil menghapus air mataku
Saat aku berjalan menuju kelas, aku mulai  menyadari dan berfikir kalau semua yang di katakan arif semua benar . aku pun meminta maaf kepada Arif dan bersujud kepada Arif .
"Udah Bagus tak usah minta maaf , aku sudah memaafkan mu " kata Arif sambil memegang bahu ku

Saat tiba di dalam kelas. Aku berdiri di depan kelas dengan sejuta rasa penyesalan yang aku pikul , dan kemudian aku mengunggkapkan rasa penyesalan ku di hadapan teman-temanku
“Teman-teman maafkan kelakuanku selama ini , aku menyadari bahwa aku bukanlah ketua kelas yang baik dan  aku selalu menjahili kalian selama ini “ jawabku sambil menitikkan air mata
Teman-temanku hanya bisa terdiam dengan ekspresi heran di wajah mereka, dan kemudian salah satu temanku berdiri
"Iya Bagus , kami sudah memaafkan kamu , kami tahu sebenarnya kamu pemimpin kami yang hebat " jawab temanku tersebut dengan nada yakin .
“Terima kasih teman-teman ”jawabku
Bel pulang pun berbunyi , aku pun bergegas untuk pulang Setiba di rumah aku mengungkapkan rasa bersalahku lewat kanvas, aku pun meneteskan air mata karena kesalahan dan kebodohanku selama ini.
Keesokan harinya , setiba di sekolah aku memperlakukan teman-temanku dengan baik dan kami menjadi seperti keluarga dan tak ada kerusuhan yang aku perbuat lagi. Kami menjadi seperti keluarga yang hangat dan melupakan semua masalah yang pernah terjadi.
“Naah.,, ini baru ketua kelas kebanggaan kami” Arif berkata sambil bertepuk tangan.
“Terima kasih Rif” jawabku tersipu malu
Sewaktu istirahat, aku mengajak semua temanku ke kantin dan membayar semua makanan mereka sebagai bentuk permintaan maaf. Kemudian Melani menghampiriku dan meminta maaf atas perkataannya kemarin.
"Maaf ya kak bagus , karena Melani, kakak berkelahi dengan kak Arif kemarin !" meminta maaf dengan penuh penyesalan.
"iya Melani ngk apa-apa " jawab ku .
Semenjak kejadian itu aku mulai berubah menjadi lebih baik dan meninggalkan semua sifat burukku dan mencoba menjadi pemimpin hebat. Aku , arif dan Melani menjadi sahabat baik, aku juga berharap dengan aku merubah sikapku, semoga Melani menyukai diri ku.


the end

        

1 komentar: